Bea Cukai Kudus Berikan Edukasi Kepada Masyarakat dalam Customs On the Street

715

Dikemas dalam acara Customs on the Street, Bea Cukai Kudus sosialisasikan tentang tugas dan fungsi Bea Cukai serta mengkampanyekan Gempur Rokok Ilegal. Dengan menemui masyarakat secara langsung, acara ini dilaksanakan pada kegiatan Car Free Day di Simpang Tujuh, Kudus pada hari Minggu (23/06) pukul 06.00 sampai dengan 08.30 WIB.

Tegar Tri Yudanto dan Kirana Pinastika yang bertugas sebagai Master of Ceremony (MC) dengan semangat menyapa warga Kudus yang sedang menikmati acara Car Free Day. Bea Cukai Kudus mengenalkan kepada masyarakat mulai dari tugas fungsi Bea Cukai, ketentuan barang penumpang, barang kiriman, kegiatan ekspor impor, fasilitas KITE IKM, serta kampanye yang sedang digalakan oleh Bea Cukai, yaitu Gempur Rokok Ilegal.

Dalam kesempatan tersebut, Bea Cukai Kudus menyampaikan kepada masyarakat mengenai jenis – jenis rokok ilegal, ciri-ciri rokok ilegal, cara membedakan hingga mengidentifikasi pita cukai. Mengingat bahwa peredaran rokok ilegal memiliki dampak yang buruk, Bea Cukai Kudus mengimbau masyarakat Kudus agar tidak berhubungan dengan rokok ilegal, karena akan mendapatkan hukuman, baik berupa denda administrasi maupun pidana penjara. Selain itu rokok ilegal juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan, karena kandungan dalam rokok ilegal yang tidak teruji oleh balai laboratorium, kemudian keberadaan rokok ilegal juga merugikan bagi penerimaan negara.

Antusiasme masyarakat Kudus dengan keberadaan Bea Cukai sangat tinggi. Banyak masyarakat yang mengunjungi booth Bea Cukai Kudus untuk menanyakan tentang pelayanan Bea Cukai Kudus. Selain itu, pengunjung juga tertarik untuk mengikuti games yang diadakan.
“Ciri-ciri rokok ilegal itu polos atau tanpa pita cukai, pita cukainya palsu, dan harganya murah banget.”, ungkap salah satu pengunjung ketika menjawab kuis pertanyaan.

Dalam acara tersebut, Bea Cukai Kudus turut membagikan souvenir, brosur, dan stiker Gempur Rokok Ilegal kepada masyarakat sebagai bentuk kampanye penekanan peredaran rokok ilegal.

Melalui kegiatan ini, diharapkan kepada seluruh masyarakat dapat mengetahui dan memahami tugas fungsi Bea Cukai serta materi yang telah disosialisasikan.