Bea Cukai Kudus Gempur Peredaran Rokok Ilegal

453

Dalam rangka optimalisasi penerimaan di bidang cukai serta menekan peredaran barang kena cukai ilegal, Bea Cukai Kudus kian gencarkan penindakan rokok ilegal. Pada Selasa, 18 Juni 2019, tim Bea Cukai Kudus melakukan penindakan terhadap dua bangunan di wilayah Jepara dan berhasil mengamankan rokok ilegal sebanyak 20.450 batang. Sebelumnya, tim mendapat informasi dari masyarakat akan adanya bangunan yang diduga digunakan untuk menimbun/mengemas barang kena cukai (BKC) berupa rokok yang diduga ilegal.

Sekitar pukul 12.00 WIB, tim melakukan pemeriksaan pada sebuah bangunan di Desa Tigajuru, Kecamatan Mayong, Jepara. Dari hasil pemeriksaan, diperoleh fakta terdapat BKC berupa rokok Sigaret Kretek Mesin (SKM) yang diduga ilegal dan rokok siap edar tanpa dilekati pita cukai.

Kemudian penindakan berlanjut hingga sekitar pukul 13.15 WIB. Menuju ke Desa Robayan, Kecamatan Kalinyamatan, tim menemukan bangunan dimaksud. Setelah dilakukan pemeriksaan pada bangunan tersebut, tim menemukan rokok yang diduga ilegal berjenis Sigaret Kretek Mesin.

Dari penindakan terhadap dua bangunan tersebut, tim berhasil mengamankan rokok ilegal dengan total perkiraan nilai barang sebesar Rp 14.621.750 serta berhasil menyelamatkan potensi kerugian negara sebesar Rp 9.653.729.

Sebagai tindak lanjut, petugas membawa barang hasil penindakan ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 1995 tentang Cukai.