Peringati Nuzulul Quran, Pegawai Bea Cukai Kudus Adu Pengetahuan

627

Kudus (22/05) – Peristiwa turunnya Al Quran terjadi pada bulan Ramadan. Untuk memperingati peristiwa tersebut, Bea Cukai Kudus mengadakan peringatan Nuzulul Quran pada hari ke 17 pada bulan yang penuh berkah ini. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Bea Cukai Kudus dan diikuti oleh seluruh pegawai muslim Bea Cukai Kudus.

Kegiatan ini diawali dengan keseruan pegawai Bea Cukai Kudus dalam mengikuti Cerdas Cermat Ramadan yang terdiri dari tiga sesi yaitu, jawab cepat, sambung ayat, dan pertanyaan rebutan. Dengan semangat dan antusias, peserta cerdas cermat yang terbagi menjadi 5 tim menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan. Tim KI dan PLI keluar sebagai juara dengan mengumpulkan poin sebanyak 165.

Sutopo Ari Subagyo selaku ketua panitia Gema Ramadan 1440 H Bea Cukai Kudus menyampaikan laporan pelaksanaan rangkaian kegiatan sekaligus menyerahkan wakaf Al-Quran secara simbolis kepada perwakilan penerima wakaf.
Kemudian acara dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ketua MUI Kudus, KH. Hamdani. KH. Hamdani menyampaikan materi sesuai dengan tema rangkaian kegiatan ramadan Bea Cukai Kudus tahun ini yaitu Dengan Puasa Tingkatkan Iman dan Taqwa.

“Tujuan berpuasa itu salah satunya untuk meningkatkan taqwa. Taqwa berasal dari kata waqa yang berarti perlindungan. Kita diwajibkan berpuasa agar mendapat perlindungan Allah SWT dari siksa api neraka.”, ungkap KH. Hamdani.

Memasuki waktu berbuka seluruh pegawai Bea Cukai Kudus menikmati takjil yang telah dihidangkan dan dilanjutkan dengan Sholat Maghrib berjamaah, makan bersama, dan Sholat Tarawih berjamaah.

Melalui peringatan Nuzulul Quran ini, diharapkan seluruh pegawai muslim Bea Cukai Kudus dapat meningkatkan pengetahuan mengenai agama Islam serta iman dan taqwa.