Menyongsong Bea Cukai Tinggal Landas, Bea Cukai Kudus Tingkatkan Integritas

623

“PR besar kita di era lepas landas ini ialah integritas”, ungkap Kepala Kantor, Iman Prayitno. Bertempat di Aula Kantor, Bea Cukai Kudus mengadakan kegiatan Penyampaian Informasi Hasil Rapat Koordinasi Nasional pada Selasa (14/05). Materi hasil rapat ini disampaikan oleh Iman Prayitno selaku Kepala Kantor dan Rianto Setijohadi selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal.

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Iman Prayitno, dengan memaparkan arahan dari Direktur Jenderal Bea dan Cukai. Iman menjelaskan bahwa Bea Cukai mendapatkan banyak prestasi terkait integritas, salah satunya ialah peringkat ketiga dari 36 kementerian/lembaga atas survei penilaian integritas pada tahun 2017 yang diadakan oleh KPK.

Untuk terus menguatkan integritas yang menjadi aspek reformasi, Bea Cukai menjalankan beberapa program diantaranya penerapan reward and punishment yang optimal kepada pegawai serta pendekatan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadikan pegawai berkompeten. Iman mengatakan untuk menjadi pegawai Bea Cukai yang ideal, harus memiliki integritas, berkompeten dan kompetitif.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Rianto Setijohadi selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal. Masih mengenai integritas yang menjadi akar dari reformasi, Rianto menjelaskan bahwa integritas harus dibangun mulai dari diri sendiri.

“Integritas harus dibangun mulai dari diri sendiri serta untuk menjadi pegawai Bea Cukai harus dapat mengatasi perilaku dan pola pikir negatif”, ungkap Rianto.

Dengan disampaikannya hasil rapat koordinasi nasional ini, diharapkan pegawai Bea Cukai Kudus dapat meningkatkan integritas dan kompetensi untuk mendukung reformasi dan menjadikan Bea Cukai makin baik.