Bea Cukai Kudus Laksanakan Penguatan Reformasi Birokrasi melalui Peningkatan Mental Pegawai

688

Program penguatan reformasi birokrasi di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terus dilakukan. Salah satunya dengan dilaksanakannya program kerja peningkatan integritas yang dibalut dalam kegiatan Pekan Peningkatan Mental Pegawai (PPMP). Bea Cukai Kudus mengadakan rangkaian kegiatan bimbingan mental yang diikuti oleh seluruh pegawai pada tanggal 18 s.d. 27 April 2019.

Kamis (25/04), Bea Cukai Kudus mengadakan Pembinaan Mental Umum yang diikuti oleh seluruh pegawai. Dalam acara tersebut, Yus Ibnu Yasin, hadir sebagai narasumber dengan memberikan pembekalan materi dan motivasi terkait menjadi pribadi yang berintegritas.

“Dalam membangun organisasi, terdapat tiga pondasi, yaitu Value yang memuat integritas dan disiplin, Leadership, dan System. Sesuai dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan, Integritas menjadi nilai yang utama dan menjadi bagian terpenting bagi organisasi.”, jelas Yasin.

Yasin menekankan bahwa integritas adalah landasan karakter. Bekerja dengan karakter berarti mendisiplinkan diri untuk berbuat benar dalam semua keadaan.

Rangkaian kegiatan pembinaan mental dilanjutkan dengan Khotmil Quran pada sore hari menjelang Maghrib. Kemudian, buka puasa bersama serta Solat Maghrib dan Isya berjamaah. Pada keesokan harinya, pegawai muslim mengikuti Qiyamul Lail yaitu beribadah pada sepertiga malam dengan mengerjakan Solat Tahajjud. Dilanjutkan dengan kegiatan Muhasabah, Solat Subuh berjamaah dan kajian pagi.

Dalam satu pekan tersebut, Bea Cukai Kudus mengdakan kegaiatan tahsin dan pembacaan hadist setiap setelah Solat Ashar yang diikuti oleh pegawai muslim.

Kemudian, pada hari Jumat (26/04), pegawai Kristen dan Katolik mengikuti Ibadah Jumat dan Sharing Firman serta pegawai Hindu mengikuti kegiatan Sharing Kitab. Selain itu, Bea Cukai Kudus juga mengadakan Jumat Berbagi yaitu kegiatan membagikan sedekah berupa makanan kepada pengguna jalan di depan Kantor Bea Cukai Kudus, seperti tukang parkir, tukang becak, dan sebagainya.

Dengan diadakannya Pekan Peningkatan Mental Pegawai ini, diharapkan keimanan dan ketakwaan pegawai Bea Cukai Kudus meningkat dan diiringi dengan penguatan integritas pada masing-masing pegawai, sehingga terciptanya reformasi birokrasi di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.