Satpol PP dalam bingkai Sinergi dengan Bea Cukai Kudus

532

”Rokok Ilegal, Stop Bersama” sebuah jargon penyatu yang mensinergikan semangat dalam memberantas peredaran rokok ilegal bergema di Ruang Aula Lantai II Kantor Bea Cukai Kudus.

Senin (08/04), Bea Cukai Kudus menyelenggarakan Sosialisasi Identifikasi Pita Cukai 2019. Acara kali ini bisa dibilang istimewa karena yang di undang adalah Satuan Polisi Pamong Praja di wilayah eks-Karesidenan Pati.

Sosialisasi yang dipandu oleh sdri. Kirana sejak pukul 9.20 ini diawali dengan sambutan oleh Rahmad Budiantara selaku Plh. Kepala Kantor Bea Cukai Kudus yang menyampaikan rasa terima kasih kepada tamu undangan serta berharap dengan adanya acara sosialisasi ini dapat menekan jumlah peredaran rokok ilegal di karesidenan Pati.

Dwi Prasetyo Rini selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi memaparkan materi terkait pita cukai 2019, baik dari desain, warna, dan cara pelekatan pita cukai serta cara identifikasi pita cukai dan Aditya Dharmawan Kepala Subseksi Penindakan I memaparkan materi tentang Kewenangan di Bidang Cukai terutama kewenangan penindakan Barang Kena Cukai (BKC) ilegal yang terdapat diwilayah pengawasan Satpol PP, baik dari sisi semangat memberantas BKC ilegal hingga aspek hukum yang harus dipenuhi sehingga tidak akan menjadi masalah jika dikemudian hari ada proses tuntutan hukum atas penindakan yang dilakukan.

Dalam kesempatan kali ini para peserta sosialisasi diberikan kesempatan untuk melakukan praktik langsung cara mengidentifikasi keaslian pita cukai desain tahun 2019 dengan metode kasat mata maupun dengan alat Lampu Ultraviolet (UV). Juga kesempatan menyampaikan usulan, saran, dan permasalahan yang terjadi serta hal-hal yang bisa disinergiskan dengan Bea Cukai Kudus.

Acara menjadi lebih hangat saat Kasatpol PP Jepara Istono memberikan usulan dan masukan terkait kerjasama yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para peserta dapat memahami informasi dan cara mengidentifikasi pita cukai. Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat membentuk sinergi yang lebih erat antara DJBC dengan Aparat Penegak Hukum lainnya dalam memerangi peredaran rokok ilegal yang beredar di pasaran khususnya di wilayah pengawasan Bea Cukai Kudus.

Diakhir acara para peserta dan narasumber bersemangat menggelorakan kembali jargon penyemangat sinergi yakni “Rokok Ilegal, Stop Bersama”.