Kenali Pengaman Pita Cukai, Stakeholder Gunakan Sinar UV

1007

Upaya pencegahan pita cukai agar tidak mudah dipalsukan salah satunya ialah dengan mengganti desain pita cukai setiap tahunnya. Pada hari Selasa (19/03) pukul 09.00 WIB, Bea Cukai Kudus menyelenggarakan Coffee Morning bersama Pengusaha Hasil Tembakau guna membahas materi PER-20/BC/2018 tentang Desain Pita Cukai 2019. Coffee Morning kali ini bertempat di Aula Kantor Bea Cukai Kudus.

Tercatat sampai saat ini terdapat sebanyak 90 Perusahaan Hasil Tembakau pada wilayah kerja Bea Cukai Kudus, sehingga penyampaian materi pada kegiatan Coffee Morning hari ini dirasa penting.

Acara dibuka oleh Kepala Kantor, Iman Prayitno yang menyampaikan bahwa Sistem Aplikasi Cukai akan ditingkatkan dan akan digunakan sistem ExSis. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan cukai. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang diberikan oleh Dwi Prasetyo Rini selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Dalam penjelasannya, Rini memaparkan informasi mengenai desain, warna, dan cara pelekatan pita cukai serta identifikasinya. Dirasa kurang lengkap jika hanya materi saja yang diberikan, peserta Coffee Morning diberi kesempatan untuk mempraktikan identifikasi pita cukai secara kasat mata dan menggunakan lampu UV. Pada sesi diskusi, selain menanyakan tentang informasi pita cukai 2019, peserta juga menyampaikan usulan, saran, dan permasalahan yang terjadi.

Dengan adanya Coffee Morning ini, diharapkan para Pengusaha Hasil Tembakau dapat memahami informasi dan cara mengidentifikasi pita cukai serta dapat bersinergi dalam memerangi peredaran rokok ilegal guna mewujudkan target rokok ilegal yang beredar di pasaran sebanyak 3% .