Jutaan Batang Rokok Ilegal disita Bea Cukai Kudus

826

Mendapat informasi dari masyarakat akan adanya bangunan yang diduga digunakan untuk menimbun/mengemas barang kena cukai (BKC) berupa rokok yang diduga ilegal, Tim Intelijen dan Penindakan (Inteldak) Bea Cukai Kudus segera lakukan pengamatan. Pada Kamis, 27 Februari 2019, tim inteldak melakukan penindakan terhadap dua bangunan di wilayah Jepara.

Sekitar pukul 12.30 WIB, tim melakukan pemeriksaan pada sebuah bangunan di Desa Teluk Wetan, Kecamatan Welahan. Tim menemukan empat mobil yang terparkir di depan bangunan. Setelah dilakukan pemeriksaan, mobil tersebut berisi rokok yang diduga ilegal siap edar. Kemudian tim melakukan pemeriksaan dalam bangunan tersebut dan diperoleh fakta terdapat BKC berupa rokok Sigaret Kretek Mesin (SKM) yang juga diduga ilegal.

Tak berselang lama setelah penindakan pertama, tepatnya jam 15.45 WIB tim inteldak menuju ke Desa Robayan, Kecamatan Kalinyamatan untuk menindak bangunan lainnya. Sesampainya di lokasi target, tim inteldak melihat satu mobil terparkir di halaman sebuah bangunan, setelah diperiksa ternyata puluhan karton rokok SKM yang diduga ilegal. Tak hanya sampai disitu saja, tim inteldak langsung memasuki bangunan yang menjadi target operasi, lagi-lagi ditemukan rokok yang diduga ilegal berjenis SKM.

Dari dua penindakan ini didapatkan total barang bukti berupa rokok SKM yang diduga ilegal sebanyak 1.571.380 batang dengan total perkiraan nilai barang sebesar Rp1.123.536.700,00. Dari penindakan ini, Bea Cukai Kudus dapat menyelamatkan potensi kerugian negara sebesar Rp741.793.500,00. Semua barang bukti dan pemilik bangunan di Desa Teluk Wetan, AS (27 tahun) dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk diamankan dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Bea Cukai Kudus akan terus memerangi peredaran rokok ilegal yang ada di wilayah kerjanya, hal ini sejalan dengan moto Bea Cukai Kudus “Melayani sepenuh hati, Membina dengan empati, Menindak tanpa kompromi”.