Bea Cukai Kudus adakan PPKP tentang Penegakan Disiplin

380

Kamis (28/02/19) Bea Cukai Kudus mengadakan Program Peningkatan Ketrampilan Pegawai (PPKP) terkait Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai SE-14/BC/2018 tentang Penegakan Kedisiplinan di Lingkungan DJBC. Bertempat di Ruang Aula Kantor, kegiatan ini diikuti oleh kepala kantor dan para pegawai. PPKP disampaikan oleh Kasubsi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Pelayanan dan Administrasi, Teja Bayu Seno, serta Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Rianto Setijohadi.

Teja menyampaikan bahwasannya materi surat edaran penegakan disiplin terdiri dari: 1) Disiplin dalam berpakaian dinas seragam, pakaian kerja dan pakaian olah raga; 2) Disiplin dalam kehadiran dan jam kerja; 3) Disiplin dalam sikap dan perilaku. Pegawai yang akan melakukan absensi di waktu pagi ataupun sore hari wajib menggunakan pakaian dinas lengkap.

Kemudian dilanjut dengan tambahan pemaparan materi yang disampaikan oleh Rianto Setijohadi. Rianto menyampaikan bahwa kita harus memperbaiki beberapa hal, salah satunya dalam bidang kedisplinan pegawai. “Kantor ini pada bidang pelayanan bagi pengguna jasa sudah baik, tetapi perlu juga ditingkatkan kedisiplinan” ujarnya. Beliau mencontohkan bagaimana seharusnya sikap pelaksana bila harus bertemu atasannya, harus menunjukkan sikap hormat, atasan disapa terlebih dahulu, bila perlu kita mengangkat tangan ke pelipis untuk menunjukkan sikap hormat kita.

Dalam kegiatan PPKP kali ini, para pegawai diberikan kesempatan untuk bertanya pada sesi tanya jawab terkait isi dari surat edaran tersebut. Banyak pegawai yang memberikan pertanyaan, khususnya terkait kedisiplinan waktu seperti jam istirahat, jeda waktu setelah olahraga dan sebagainya.

Di akhir acara, Iman Prayitno, selaku kepala kantor Bea Cukai Kudus menekankan kepada pegawai terkait pentingnya disiplin dalam berbagai kegiatan yang sudah di sepakati. “Jika tertulis jam 08.00 maka hadir sebelum jam 08.00 sehingga acara dapat dimulai sesuai rencana.”, pungkas Iman. “Jika ada pegawai yang ingin keluar kantor pada jam kerja, harus ijin ke atasannya. Pasti atasan akan mengijinkan jika alasannya dapat diterima,”, lanjutnya.

Dengan terbitnya SE-14/BC/2018, diharapkan kepada pegawai untuk dapat menerapkannya mulai sekarang juga maupun hari berikutnya dan meningkatkan disiplin seluruh pegawai Bea Cukai Kudus demi Bea Cukai yang Makin Baik.