Upaya Bea Cukai Kudus dalam Mengedukasi Masyarakat tentang Cukai

408

Bea Cukai Kudus berikan materi tentang ketentuan di bidang cukai pada sosialisasi yang diadakan oleh Bagian Hukum Setda Kabupaten Kudus di Balai Desa Sidorekso, Kecamatan Kaliwungu, Kudus. Sosialisasi yang diadakan pada hari Rabu, 27 Februari ini dihadiri oleh tokoh masyarakat, berbagai organisasi masyarakat, serta perangkat desa sebagai peserta. Tidak hanya Bea Cukai, terdapat narasumber lain yang hadir, yaitu dari Polres Kudus, Kejaksaan Kudus, dan Pengadilan Negeri Kudus.

Dwi Prasetyo Rini, selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi memberikan pemaparan materi tentang Barang Kena Cukai (BKC), Perizinan di Bidang Cukai, Identifikasi BKC Ilegal, dan Pengenalan Pita Cukai 2019. Peserta sosialisasi nampak antusias dengan materi yang diberikan. Terdapat beberapa peserta yang menanggapi dengan menyebutkan jenis-jenis BKC hasil tembakau.

Sosialisasi ini merupakan sinergi Bea Cukai dengan instansi terkait seperti Pemerintah Daerah, Kepolisian, Kejaksaan, dan Pengadilan dalam melakukan tindakan preventif untuk memerangi peredaran rokok ilegal.

Melalui sosialisasi ini harapan bea cukai adalah dapat mengedukasi masyarakat awam bahwasanya rokok ilegal sangat merugikan negara. Selain tidak membayar pungutan negara berupa cukai, PpnHT, dan pajak rokok, kadar nikotin pada rokok ilegal juga tidak teruji. Hal ini menyebabkan bahaya kesehatan yang lebih buruk.

Sebagai penutup sosialisasi, Rini menghimbau pada masyarakat untuk turut serta berperan aktif dalam pencegahan peredaran rokok ilegal, dengan cara melaporkan pada Bea Cukai Kudus apabila menemukan/mendapatkan informasi tentang rokok ilegal. Saluran pengaduan banyak tersedia, bisa datang langsung, melalui telepon, WhatsApp, atau melalui media sosial BC Kudus.