Quizizz Game Meriahkan Acara PPKP

932

Selasa-26 Februari 2019, Bea Cukai kudus mengadakan Program Pembinaan Ketrampilan Pegawai (PPKP). Bertempat di aula Bea Cukai Kudus acara ini diikuti oleh para pegawai serta mahasiswa PKN STAN yang sedang melakukan praktik kerja lapangan (PKL). PPKP kali ini mengambil tema tentang Informasi dan Identifikasi Pita Cukai Desain Tahun 2019.

Diawali dengan menyanyikan lagu mars Bea Cukai acarapun dilanjutkan pretest untuk menguji kemampuan peserta sebelum materi dipaparkan. Melalui aplikasi quizizz soal-soal yang berkaitan dengan tema PPKP pun diberikan. Tampak riuh ramai para peserta PPKP saat mencoba login pada aplikasi quizizz. Walaupun sempat terjadi kendala pada beberapa peserta saat akan melakukan login pada quizizz namun akhirnya semua peserta dapat ikut bermain. Tak mau ketinggalan, Iman Prayitno selaku kepala kantor juga tampak antusias dalam mengikuti pretest.

Memasuki pemaparan materi disampaikan oleh Dwi Prasetyo Rini selaku Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Berbekal pengetahuan Pita Cukai 2019 yang didapatkan dari sosialisasi oleh Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai beberapa waktu sebelumnya, Rini memaparkan tentang informasi serta identifikasi Pita Cukai 2019. Informasi meliputi keterangan serta warna pada pita cukai 2019, terdiri dari pita cukai hasil tembakau (HT), pita cukai MMEA serta pita cukai Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL). Untuk tahun 2019 warna pita cukai HT untuk pabrik golongan 1 adalah hijau, jingga untuk pabrik HT golongan II serta kuning untuk pabrik HT golongan III.

Pemaparan selanjutnya mengenai identifikasi pita cukai. Di sela-sela pemaparan dibagikan specimen pita cukai 2019 kepada para peserta. Mereka dapat langsung mempraktikkan cara identifikasi pita cukai secara kasat mata ataupun menggunakan kaca pembesar dan sinar UV. Para pegawai dan mahasiswa PKL secara bergantian ikut mempraktikkan cara identifikasi pita cukai. Di akhir acara diputar video singkat seputar pita cukai 2019. Sebagai penutup diadakan postest untuk mengukur sejauh mana peserta memahami materi yang telah disampaikan. Dari review hasil pretest dan postest didapatkan hasil yang cenderung meningkat. Hal ini dapat menggambarkan bahwa pengetahuan peserta setelah mengikuti PPKP bertambah. Dari PPKP ini diharapkan para pegawai Bea Cukai Kudus mampu untuk mengidentifikasi keaslian pita cukai. Lebih lanjut bagi pegawai pada unit pengawasan, pengetahuan tentang pita cukai 2019 dapat menjadi bekal mereka dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.