Sinergi Bea Cukai dan Satpol PP dalam Pemberantasan Rokok Ilegal

979

Kamis (14/02/19), Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Satpol PP Pemprov Jateng) mengadakan sosialisasi dengan tema “Sinergi Pemberantasan Rokok Ilegal Guna Peningkatan Pendapatan Cukai”. Acara yang digawangi oleh Satpol PP Pemprov Jateng mengundang narasumber dari Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kab. Pati dan Bea Cukai Kudus. Mengambil tempat di Hotel New Merdeka Pati dengan peserta sosialisasi dari anggota Satpol PP dan anggota perlindungan masyarakat (Linmas).

Acara dimulai tepat jam 09.00 WIB diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Pemaparan materi sesi 1 (satu) disampaikan oleh Haryono dari Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Beliau menyampaikan materi terkait pajak rokok dan penggunaan serta alokasi dana pajak rokok di Provinsi Jawa Tengah.

Memasuki sesi 2 (dua) materi dipaparkan oleh Dwi Prasetyo Rini selaku kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kudus. Rini secara gamblang menjelaskan materi mengenai jenis-jenis Barang Kena Cukai (BKC) dan Penegakan Hukum di Bidang Cukai. Dalam menjelaskan materi BKC, Rini fokos pada jenis Hasil Tembakau khususnya rokok.

Pada sesi tanya jawab, ada beberapa pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber dari Bea Cukai Kudus. Salah satunya adalah pertanyaan dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja yang menanyakan tentang kewenangan Satpol PP untuk ikut memerangi rokok ilegal. Indra Gunawan selaku kepala Seksi Inteljen dan Penindakan menjelaskan bahwasannya kewenangan Satpol PP dalam pemberantasan rokok illegal adalah turut serta dalam memberikan informasi kepada Bea Cukai terkait rokok ilegal yang ada di wilayahnya. Satpol PP dapat turut serta melakukan operasi gabungan bersama Bea Cukai dalam pemberantasan rokok ilegal, dengan operasi gabungan ini apabila ditemukan barang bukti rokok illegal Bea Cukai dapat langsung menegahnya dengan membuat surat bukti penindakan (SBP).

Dari sosialisasi ini, diharapkan anggota Satpol PP maupun anggota Linmas mendapatkan pengetahuan di bidang cukai khususnya tentang pemberantasan rokok illegal sebagai bekal mereka untuk menjalankan tugasnya di lapangan.