Bea Cukai Kudus Tegah Tembakau Iris Ilegal

616

Tim Inteljen dan Penindakan Bea Cukai Kudus berhasil menggagalkan pengiriman Tembakau Iris tanpa dilindungi dokumen cukai yang diangkut dengan dengan sebuah mobil pick up merek Daihatsu warna abu-abu metalik dari wilayah Kabupaten Jepara pada Rabu (13/02).

Kronologi penindakan yang telah dilakukan oleh petugas berawal dari informasi tentang adanya pengiriman Barang Kena Cukai ilegal yang diangkut sebuah mobil pick up Daihatsu. Menindaklanjuti informasi tersebut petugas segera bergerak cepat menuju lokasi untuk membuktikan kebenarannya.

Tim melakukan operasi tertutup di jalan yang menghubungkan Jepara – Kudus, Jepara – Pati, dan Jepara – Demak. Pada pukul 20.20 WIB tim mendapati sarana pengangkut dengan ciri-ciri sebagaimana informasi tersebut berjalan di daerah sekitar desa Papringan Kabupaten Kudus.

Kemudian Tim Inteldak Bea Cukai Kudus melakukan penghentian terhadap sarana pengangkut tersebut dan melakukan pemeriksaan awal. Dari hasil pemeriksaan ditemukan barang bukti berupa Tembakau Iris (TIS) yang diangkut tanpa dilindungi dokumen cukai seberat 743.000 gram dengan total perkiraan nilai barang sebesar Rp 40.865.000. Dari penindakan ini Bea Cukai berhasil selamatkan potensi kerugian negara sebesar Rp 11.148.715.

Untuk keperluan pemeriksaan lebih lanjut, sarana pengangkut serta barang bukti diamankan ke Kantor Bea Cukai beserta sopir berinisial MS (59 tahun) untuk dimintai keterangan lebih lanjut.