Sinergi Satpol PP Pati dengan Bea Cukai Kudus Perangi Rokok Ilegal

547

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pati mengadakan Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai dengan mengundang Bea Cukai Kudus sebagai narasumber pada Selasa (12/02). Sosialisasi ini dihadiri oleh Salpol PP Kabupaten Pati, para pejabat struktural, perwakilan bagian perekonomian pemkab Pati serta beberapa undangan dari CPM dan kejaksaan.

Andung Heriawan, sebagai Plt. Kasubsi Layanan Informasi menyampaikan materi sosialisasi mengenai ketentuan di bidang cukai terkait jenis-jenis barang kena cukai yang ada di Indonesia, ciri-ciri rokok illegal dan juga sanksi sesuai undang-undang cukai, serta identifikasi pita cukai.

Peserta sosialisasi sedikit banyak sudah mengetahui tentang ciri-ciri rokok ilegal dibuktikan dengan tanggapan yang diberikan oleh peserta atas ciri-ciri rokok ilegal adalah rokok yang tidak dilekati pita cukai (rokok polos), rokok yang dilekati pita cukai palsu atau pita cukai bekas.

Diakhir acara, Andung mempraktikkan cara identifikasi keaslian pita cukai menggunakan kaca pembesar dan sinar ultra violet (UV). Para peserta juga diberikan kesempatan untuk ikut serta mencoba mempraktikkan pengidentifikasian pita cukai.

“Melalui pembekalan ini kami mengharapkan adanya persamaan persepsi mengenai peraturan serta tindak lanjut di lapangan terkait masalah di bidang cukai, khususnya rokok ilegal. Satpol PP sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kab. Pati memiliki tugas yaitu menegakkan peraturan daerah, tidak terkecuali masalah rokok ilegal.” ungkap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pati, Hadi Santosa.