Sehari setelah Imlek, Bea Cukai Kudus Kembali Lakukan Penindakan

695

Kudus (7 Februari 2019) – Petugas Bea Cukai Kudus kembali berhasil menggagalkan peredaran rokok ilegal menggunakan sebuah Mobil Minibus merek Daihatsu Luxio warna hitam. Dari penindakan yang dilakukan pada hari Rabu (6/2/19) tersebut berhasil diamankan 313.000 batang rokok ilegal dengan nilai mencapai Rp223.795.000,-.

Kronologi penindakan yang telah dilakukan oleh petugas berawal dari informasi yang didapatkan bahwa ada pengiriman rokok ilegal yang diangkut menggunakan mobil minibus di Kecamatan Pecangaan, Kab. Jepara. Menindaklanjuti informasi tersebut petugas langsung bergerak cepat menuju lokasi untuk mengecek kebenarannya. Tim melakukan operasi tertutup di Jalan yang menghubungkan  Jepara – Kudus, Jepara – Pati, dan Jepara – Demak. Jam 18.00 WIB tim mendapati sarana pengangkut dengan ciri-ciri sebagaimana informasi, melaju cepat ke arah Jl. Pecangaan-Damaran, kecamatan Pecangaan, kabupaten Jepara.

Setelah terjadi kejar-kejaran bak film laga, akhirnya petugas dapat menghentikan  sarana pengangkut yang menjadi target operasi. Dari hasil pemeriksaan ditemukan puluhan karton berisi rokok ilegal.  Setelah dihitung terdapat 25 karton berisi rokok ilegal seberat 520 Kg dengan jumlah total 313.000 batang dengan nilai barang sebesar Rp223.795.000,-.

Dari hasil penindakan ini nilai kerugian negara yang berhasil diselamatkan adalah sebesar Rp147.756.345,-. Nilai ini dihitung dari jumlah cukai, PPn hasil tembakau serta pajak rokok. Untuk keperluan lebih lanjut, AF (33th) sopir, sarana pengangkut, dan barang bukti dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pengamanan dan pemeriksaan lebih lanjut.