Bea Cukai Kudus Lakukan Dua Penindakan Cukai di Akhir Januari 2019

517

Kudus – 31 Januari 2019. Di penghujung Januari tepatnya pada hari Kamis, Tim Intelijen dan Penindakan Bea Cukai  Kudus berhasil menggagalkan 2 (dua) pelanggaran cukai sekaligus. Dari 2 (dua) penindakan ini berhasil diamankan 891 Kg Tembakau Iris (TIS) dan 3.720 batang rokok ilegal.

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Iman Prayitno mengungkapkan kronologi penindakan yang telah dilakukan oleh jajarannya. “Penindakan berawal dari informasi yang didapatkan petugas bahwa ada pengiriman Tembakau Iris tanpa dilindungi dokumen cukai dan rokok.ilegal yang diangkut oleh mobil minibus di Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara. Petugas langsung bergerak cepat menuju lokasi untuk mengecek kebenarannya,” paparnya.

Petugas Bea Cukai lantas melakukan pemeriksaan terhadap sarana pengangkut yang menjadi target operasi. Dari penindakan pertama ditemukan barang bukti berupa Tembakau Iris yang dikemas dalam karung – karung yang diangkut oleh minibus warna silver metalik. Setelah diperiksa didapati sejumlah 891 Kg Tembakau Iris siap pakai senilai Rp49.005.000,- Tak berselang lama penindakan kedua terjadi. Petugas kembali berhasil mengamankan Barang Kena Cukai Ilegal berupa rokok illegal beserta etiketnya dari sebuah minibus berwarna hitam metalik. Setelah dihitung jumlah rokok ilegal yang didapat adalah 3.720 batang dengan nilai Rp2.659.800,-.

Dari 2 (dua) penindakan ini nilai kerugian negara yang berhasil diselamatkan adalah sebesar Rp13.369.455,- untuk pelanggaran cukai tembakau iris ditambah Rp1.756.082,-  untuk pelanggaran cukai rokok ilegal. Kerugian pelanggaran cukai tembakau iris dihitung dari jumlah cukai yang seharusnya dibayar, sedangkan kerugian pelanggaran cukai rokok illegal dihitung dari jumlah cukai, PPn hasil tembakau serta pajak rokok. Untuk keperluan lebih lanjut, AN (23th) & MR (28th) sopir, sarana pengangkut, dan barang bukti dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pengamanan dan pemeriksaan lebih lanjut.