Akhir Pekan tak Menyurutkan Semangat Pengawasan

554

Penimbunan rokok ilegal bernilai 106,8 juta rupiah berhasil diungkap oleh Bea Cukai Kudus. Jumat (25/01) sekitar pukul 10.00 WIB, Tim Intelijen dan Penindakan Bea Cukai Kudus melakukan pemeriksaan terhadap bagunan kecil berukuran kurang lebih tiga meter persegi. Berdasarkan informasi yang didapat dari masyarakat, tim segera menuju ke bangunan dimaksud yang beralamat di Desa Teluk Wetan, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara.

Setelah dilakukan pengamatan dan pemeriksaan, tim menemukan 12 karton dan 5 tray Barang Kena Cukai (BKC) berupa rokok yang diduga ilegal. Dari total rokok sejumlah 149.400 batang tersebut, didapati potensi kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp70.526.511,00. Barang bukti lainnya berupa 8 karton etiket atau bungkus rokok dan 2 alat pemanas juga berhasil diamankan.

Pada saat melakukan operasi, tim tidak menemukan pemilik bangunan maupun pemilik rokok ilegal tersebut. Tim kemudian membawa barang bukti ke Kantor Bea Cukai untuk dilakukan pengamanan dan pemeriksaan lebih lanjut serta memperdalam informasi tentang pemilik bangunan dan rokok ilegal.

Perlu diketahui bahwa menurut Pasal 56 UU Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai: “Setiap orang yang menimbun, menyiapkan, memiliki, menjual, menukar, memperoleh, atau memberikan BKC yang diketahuinya atau patut harus diduganya berasal dari tindak pidana berdasarkan undang-undang ini dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun dan pidana denda paling sedikit 2 kali nilai cukai dan paling banyak 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.”