Menuju Pelayan 24/7, Bea Cukai Kudus Adakan FGD Bersama Pengusaha Kawasan Berikat

412

Kudus (23/01) – Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bea Cukai Kudus, pukul 09.30 WIB diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Implementasi Pelayanan 24/7 (dua puluh empat jam / tujuh hari) di KPPBC TMC Kudus”. Ini sebagai wujud implementasi Perdirjen BC Nomor PER-19/BC/2018 tentang Tata Laksana Kawasan Berikat. FGD ini sebagai sarana sharing untuk memperoleh masukan dan usulan dari pengguna fasilitas Kawasan Berikat (Kaber), sekaligus menampung permasalahan yang ada dan memberikan solusi. Acara dihadiri oleh Kepala Kantor, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai serta pengusaha Kaber di wilayah kerja Bea Cukai Kudus yang sampai saat ini telah mencapai 13 Perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat.
Dalam kesempatan ini, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Iman Prayitno menjelaskan rencana penerapan pelayanan 24 jam selama tujuh hari di Kaber oleh Bea Cukai Kudus. Jenis pelayanan yang diberikan bergantung pada profil perusahaan pengguna fasilitas Kaber. Kaber dengan profil hijau penerapan pelayanan 24/7 diberikan untuk semua jenis pelayanan, Kaber dengan profil kuning pelayanan 24/7 diberikan untuk kegiatan ekspor dan kegiatan antar kaber (BC 2.7) dan Kaber dengan profil merah pelayanan 24/7 diberikan hanya untuk kegiatan ekspor saja.
Iman mengungkapkan, tentunya jenis layanan yang diberikan antara Kaber dengan profil hijau, kuning dan merah tidaklah sama, perbedaan tersebut sebagai bentuk reward terhadap kepatuhan dari Kaber tersebut. Pelayanan Ke depannya Iman berharap dengan adanya kebijakan ini bisa menumbuhkan semangat perbaikan bagi kedua pihak. Dari sisi pengusaha kaber terpacu untuk terus meningkatkan profilnya sedangkan dari sisi Bea Cukai Kudus akan terus mengoptimalakan diri dalam memberikan pelayanan.