Bea Cukai Kudus Gagalkan Pengiriman Rokok Ilegal Bermodus Angkut Furniture

928

Kudus –  Rabu 23 Januari 2019  Bea Cukai Kudus berhasil melakukan penindakan terhadap truk ekspedisi pengangkut rokok ilegal. Penindakan terjadi di jalan raya bugel-jepara KM.2, Kerso RT.03/RW.02, Kec. Kedung, Kab. Jepara.

Penindakan ini berawal informasi dari masyarakat yang memberitahukan adanya pengiriman rokok ilegal berupa rokok jenis SKM yang akan dibawa oleh sebuah sarana pengangkut ekspedisi di Jalan Raya Bugel-Jepara KM.2, Kerso RT.03/ RW.02, Kec. Kedung, Kab. Jepara. Menindaklanjuti informasi tersebut  tim intelijen dan penindakan (Inteldak) Bea Cukai Kudus segera bergerak menuju lokasi untuk melakukan memastikan kebenarannya.

Setelah tiba di lokasi, tim inteldak mendapati sebuah truk yang sarat oleh muatan furniture. Tim segera  melakukan pemeriksaan terhadap truk tersebut. Dari hasil pemeriksaan, ditemukan furniture dan juga puluhan karton yang diletakkan di atas tumpukan furniture.  Terdapat 25 Koli rokok ilegal jenis sigaret kretek mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai siap edar. Jumlah total SKM adalah 400.000 batang, dengan nilai barang sebesar Rp286.000.000,-. Modus yang digunakan adalah memasukkan SKM ke dalam karung yang diangkut bersamaan dengan furniture. Dari hasil penindakan ini nilai kerugian negara yang berhasil diselamatkan adalah sebesar Rp188.826.000,-. Nilai ini dihitung dari jumlah cukai, PPn hasil tembakau serta pajak rokok.

 

Selanjutnya R (40th) pemilik ekspedisi, sarana pengangkut, dan barang bukti dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pengamanan dan pemeriksaan oleh tim Penyidikan dan BHP.