Tak di Sangka, Rumah Sederhana Tempat Penyimpan Rokok Ilegal

558

Tahun 2019 baru berjalan 4 hari Kantor Bea Cukai Kudus dengan semangat baru memberantas peredaran rokok ilegal berhasil melakukan penindakan pada sebuah bangunan yang diduga sebagai tempat penimbunan/pengemsan BKC HT Ilegal pada hari Jumat tanggal 04 Januari 2019.

Tim Inteldak Bea Cukai Kudus setelah mendapatkan informasi dari masyarakat terkait adanya suatu aktifitas penimbunan/pengemasan rokok diduga illegal,  langsung menuju ke lokasi tersebut dan melakukan penindakan. Sebuah bangunan sederhana di wilayah Desa Brantak Sekarjati RT 07/01, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara kedapatan menimbun BKC HT Illegal berupa rokok jenis SKM dalam bentuk bale/slop yg sudah siap edar dimana sebagian sudah dilekati PC yg diduga palsu.

Adapun rincian barang bukti yang diamankan adalah sebagai berikut:

▪BKC HT illegal berupa rokok jenis SKM Jumlah total sebanyak : 902.600 batang

(28 kolli ; 44 bales ; 30 slops yg sudah dikemas dan siap edar dimana sebagian sudah dilekati dg pita cukai yg diduga palsu berbagai merk)

▪ Pita Cukai diduga palsu sebanyak : 2.984 keping

▪1 karung etiket.

Perhitungan Nilai Barang sebesar : Rp. 645.418.680,-  jika beredar maka akan menyebabkan potensi Kerugian Negara (Cukai + PPn HT + Pajak Rokok) : Rp. 454.258.708,- dan merugikan masyarakat yang mengkonsumsinya karena kandungan didalam rokok ilegal tidak diketahui.

Sebagai tindak lanjut atas penindakan tersebut barang bukti di amankan di Kantor Bea Cukai Kudus, juga dilakukan pendalaman informasi mengenai pemilik bangunan dan pemilik BKC HT illegal tersebut karena saat penindakan tidak ditemui adanya orang yang menghuni bangunan tersebut.