Bea Cukai Kenalkan Fasilitas KITE-IKM Kepada Pelaku Usaha di Kudus

462

Hadir sebagai narasumber, Bea Cukai Kudus paparkan materi tata laksana ekspor dan kenalkan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor untuk Industri Kecil Menengah (KITE-IKM) pada sosialisasi yang diadakan oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, 13 Desember 2018. Sosialisasi yang mengundang para pelaku Usaha  Kecil Menengah (UKM) di wilayah Kudus ini, bertujuan untuk meningkatkan perkembangan industri dan perdagangan melalui ekspor hasil produksi.

Sosialisasi ini berlangsung di Aula Dekopin-Kompleks Perkantoran, Kudus.  Pada kesempatan pertama, Didit Ghofar selaku Kasubsi Penyuluhan Bea Cukai Kudus menyampaikan materi mengenai tata laksana ekspor. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan fasilitas KITE-IKM oleh Dwi Prasetyo Rini selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Selain materi teknis, juga diberikan pemahaman dan keuntungan yang diperoleh dari pelaku usaha pengguna fasilitas KITE-IKM yaitu dibebaskan dari pengenaan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) bila melakukan importasi bahan baku, bahan penolong, dan barang modal berupa mesin untuk keperluan produksi barang jadi yang nantinya akan dieskpor keluar negeri.

Berikan motivasi untuk terus kembangkan bisnis, salah satu pelaku UKM menceritakan awal mula beridirinya usaha yang ia geluti hingga dapat memasarkan hasil produksinya ke luar Jawa, Malaysia dan Singapura. Peserta sosialisasi yang merupakan produsen pakaian, tas, dan olahan makanan ini terlihat antusias dengan materi yang diberikan dan tertarik untuk mempelajari lebih lanjut.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan pelaku usaha di wilayah Kudus mengembangkan usahanya dengan menggunakan fasilitas yang Bea Cukai berikan sehingga dapat meningkatkan ekspor dan persaingan produk Indonesia di luar negeri.