Undang Perusahaan Rokok, Bea Cukai Kudus Sosialisasikan Peraturan Baru

381

Guna mensosialisasikan peraturan baru, pada hari Kamis 06 Desember 2018 Bea Cukai Kudus kembali mengundang para stakeholder. Kali ini mengundang para Pengusaha rokok, Penyalur dan Tempat Penjualan Eceran MMEA/etil alkohol. Materi yang disampaikan tentang Pencatatan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 94/PMK.04/2018 . Peraturan ini merupakan peraturan baru pengganti PMK 110/PMK.04/2008, sebagai narasumber Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I, Sutopo Ari Subagyo menjelaskan secara rinci ketentuan pencatatan.

Peraturan berlaku terhadap pengusaha yang masih melakukan pencatatan dan belum termasuk pengusaha kena pajak. Adapun isi dari peraturan tersebut antara lain diperbolehkannya pencatatan dengan format yang dimiliki perusahaan namun tetap harus mengandung unsur yang terdapat pada peraturan tersebut. Selain itu perusahaan diwajibkan untuk melaporkan pencatatan setiap 3 bulan sekali.

Pada kesempatan ini hadir pula tim dari KPP Pratama Kudus yang menjelaskan tentang kewajiban perpajakan bagi para pengusaha rokok, Pengusaha sebagai wajib pajak diharapkan patuh dari sisi perpajakan. Kehadiran KPP Pratama Kudus ini juga sebagai bentuk sinergi antara DJBC dan DJP.