Semangat Bea Cukai Kudus dalam Memberantas Pungutan Liar

416

Program penguatan integritas terus digencarkan di lingkungan Kementerian Keuangan. Senin, 19 November 2018, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Iman Prayitno memimpin briefing dengan seluruh pegawai pelaksana di Aula Kantor Bea Cukai Kudus.

Sesuai dengan arahan Ibu Menteri Keuangan melalui surat Sekretariat Inspektorat Jenderal perihal Imbauan terkait Pemberantasan Pungutan Liar (pungli) di Lingkungan Kementerian Keuangan, Iman Prayitno berpesan kepada seluruh pegawai Bea Cukai Kudus untuk tetap menjaga integritas, menjunjung nilai-nilai Kementerian Keuangan serta selalu menerapkan sikap dasar Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam melakukan setiap pekerjaan.

Dalam arahannya, Iman lebih memfokuskan permasalahan mengenai pungutan liar yang dikhawatirkan masih terjadi. Iman menghimbau kepada seluruh pegawai untuk tidak menerima barang maupun uang dari pengguna jasa. Selain itu, pegawai harus dituntut profesional dalam urusan pekerjaan.

Sebagai bentuk pengawasan dan penguatan integritas, Kementerian Keuangan membentuk Satuan Tugas Pemberantasan Pungutan Liar di Lingkungan Kementerian keuangan (Satgas Pusat) yang mempunyai kegiatan utama yaitu berupa inspeksi mendadak pada unit-unit kerja tertentu, kunjungan mistery guest, dan wawancara terbuka kepada pengguna layanan di lokasi kantor yang dilakukan pada waktu dan wilayah kantor tertentu