Mencari Solusi Atas Maraknya Peredaran Rokok Ilegal

836

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus Iman Prayitno hadir sebagai narasumber dalam Diskusi Publik “Maraknya Peredaran Rokok Ilegal Bagaimana Solusinya”, Kamis 15 November 2018 di Hotel Griptha Kudus. Diskusi yang diselenggarakan oleh Lembaga Investigasi Tindak Pidana Korupsi Aparatur Negara RI (LI-TPK-ANRI) dihadiri oleh pengusaha rokok, masyarakat, mahasiswa dan wartawan. Narasumber lain yang hadir dari Universitas Muria Kudus dan PPRK (Perhimpunan Pengusaha Rokok Kudus).

Pada sesi I pengamat ekonomi dari UMK Joko Utomo memaparkan solusi menekan peredaran rokok ilegal yaitu dengan pengendalian/pengawasan terhadap produsen & daerah pemasaran, penegakan hukum dan penyadaran kepada masyarakat. Selanjutnya Agus Sarjono dari PPRK memaparkan tentang Industri rokok permasalahan dan tantangannya. Pada sesi terakhir Bea Cukai Kudus memaparkan penindakan terhadap rokok ilegal dan sosialisasi yang telah dilakukan, serta hasil survei peredaran rokok ilegal UGM yang tahun ini penunjukkan penurunan dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 7,04 %.

Peserta diskusi sangat antusias dengan materi yang disampaikan dengan menyampaikan berbagai pertanyaan. Acara ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama menanggulangi rokok ilegal.