Dukung Ekspor, Bea Cukai Kudus Kenalkan KITE IKM di Kudus Expo 2018

539

Untuk mendukung ekspor produk UKM, Bea Cukai Kudus mengenalkan fasilitas KITE IKM dengan berpartisipasi dalam Kudus Expo 2018. Acara tahunan Pemerintah Daerah ini diselenggarakan pada tanggal 2-6 November 2018 dengan bertajuk Industri, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Bursa  Kerja Expo 2018. Acara diselenggarakan di Balai Jagong, Kompleks Gor Wergu Wetan, Kudus.

Bea Cukai Kudus melihat hal ini sebagai sebuah peluang menggandeng usaha kecil menengah peserta pameran untuk meningkatkan produk dan dapat mengekspor produk dengan pemanfaatan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil Menengah (KITE-IKM).

Selain itu, Bea Cukai Kudus mengenalkan tugas dan fungsi Bea Cukai kepada masyarakat dan mensosialisasikan ketentuan barang kiriman, barang bawaan penumpang, barang bawaan haji dan peraturan cukai. Untuk menarik pengunjung, diadakan  lomba foto di photobooth Bea Cukai, games tebak pita cukai palsu sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat dalam memerangi rokok ilegal dan juga diadakan dart games.

Pada hari pertama Expo, Bupati Kudus H.M. Tamzil bersama Kapolres singgah ke booth Bea Cukai dan memberikan dukungan kepada Bea Cukai untuk dapat mencapai target penerimaan. Dalam penanganan peredaran rokok ilegal Pemerintah Daerah Kudus siap mendukung melalui Satpol PP.

Dengan keikutsertaan Bea Cukai Kudus dalam Expo 2018 ini, diharapkan UKM dan industri khususnya di wilayah Kudus dapat mengembangkan  produknya dan memanfaatkan fasilitas KITE-IKM dan  masyarakat diharapkan dapat memahami ketentuan dan peraturan yang disosialisasikan.