Menyambangi Toko Kelontong, Bea Cukai Kudus Berikan Penyuluhan

880

Bea Cukai Kudus memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat umum terkait ketentuan dan peraturan perundang-undangan di bidang cukai melalui sosialisasi keliling yang diadakan pada hari Kamis, 18 Oktober 2018 di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Sasaran sosialisasi ini ialah masyarakat umum yang berkaitan langsung dengan peredaran barang kena cukai berupa hasil tembakau seperti pedagang rokok di daerah pemukiman warga.

Tim dari Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kudus memberikan sosialisasi di lima toko berbeda. Tim mulai menjelaskan kepada pemilik toko mengenai ciri-ciri rokok ilegal dan sanksi yang dikenakan jika terdapat kegiatan penawaran, penyerahan, penjualaan, dan penyediaan rokok ilegal untuk dijual. Dengan membawa lampu ultraviolet, Tim memberikan penyuluhan terkait identifikasi pita cukai.

Sebagian besar pemilik toko telah mengerti tentang rokok ilegal. Mereka mengatakan bahwa banyak penyalur rokok ilegal yang menawarkan kepada mereka dengan harga yang murah, tetapi mereka mengaku tidak berani untuk menjualnya.

Sebagai bentuk kampanye “Stop Rokok Ilegal”, Tim menempelkan stiker di toko-toko yang telah didatangi. Dengan ini, diharapkan masyarakat sadar akan peredaran rokok ilegal yang merugikan negara dan berperan aktif dengan cara melaporkan kepada Bea Cukai Kudus apabila menemukan informasi terkait dengan rokok ilegal.