Bea Cukai Kudus Kembali Tangkap Pembawa Rokok Ilegal

1233

Informasi tentang adanya pengiriman Barang Kena Cukai (BKC) berupa rokok yang diduga ilegal menggunakan sebuah minibus merek Suzuki Futura warna merah metalik diperoleh Tim Intelijen dan Penindakan Bea Cukai Kudus.

Atas informasi tersebut, Bea Cukai Kudus melakukan operasi tertutup di beberapa jalan yang menghubungkan Kabupaten Jepara – Kudus, Jepara – Pati, dan Jepara – Demak. Sekitar pukul 17.00 WIB pada hari Selasa, 16 Oktober 2018, Tim Inteldak Bea Cukai Kudus mendapati sarana pengangkut dengan ciri-ciri sesuai dengan informasi. Minibus tersebut berjalan menuju ke Jalan Gajah Dempet, Kabupaten Demak.

 

Kemudian Tim Inteldak Bea Cukai Kudus melakukan penghentian terhadap sarana pengangkut tersebut dan melakukan pemeriksaan awal. Hasil dari pemeriksaan ditemukan barang bukti berupa rokok ilegal jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai sebanyak 112.000 batang dengan total perkiraan nilai barang Rp 80.080.000,00. Dengan penindakan ini Bea Cukai berhasil selamatkan kerugian negara sebesar Rp 52.871.280,00.

Sarana pengangkut serta barang bukti dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk diproses. Sementara sopir kendaraan yang berinisial ES (39) dan kernet  berinisial T (58) dimintai keterangan lebih lanjut.