Peringati 72 Tahun, Bea Cukai bertekad tingkatkan Fasilitasi Perdagangan

479

Kudus (4/10) – Bertempat di halaman Kantor, seluruh pegawai Bea Cukai Kudus mengikuti Upacara Peringatan Hari Bea Cukai yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Hari Bea Cukai yang ke 72 ini mengusung tema Kerja Cerdas, Berintegritas Menuju Lepas Landas.
Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Iman Prayitno sebagai inspektur upacara, menyampaikan pidato Menteri Keuangan yang berisi 3 tantangan penting yang dihadapi Bea dan Cukai saat ini. Tantangan yang pertama yaitu untuk menjaga perbatasan dari berbagai ancaman terutama masuknya barang-barang berbahaya seperti narkoba. Kedua, terus melayani masyarakat dan pelaku usaha agar mereka merasa menjadi legal itu mudah, mendukung ekspor, serta terus meningkatkan fasilitas perdagangan dengan berbagai instrumen dan kebijakan. Yang terakhir, meningkatkan sinergi dengan Direktorat Jenderal Pajak untuk meningkatkan penerimaan negara.

Dalam amanat tersebut juga disampaikan bahwa generasi muda Bea Cukai diharapkan memiliki visi jangka panjang, berfikir secara makro untuk menjaga perekonomian Indonesia.

Pada upacara kali ini, dibacakan pula Sikap Dasar Pegawai DJBC yaitu Jujur, Loyal, Korsa, Inisiatif, dan Korektif serta pembacaan Deklarasi Juang Bea Cukai. Setelah upacara selesai, dilaksanakan sesi foto bersama para pegawai Bea Cukai beserta pensiunan pegawai Bea Cukai yang diundang.

Rangkaian acara HUT Bea Cukai berlanjut dengan acara ramah tamah pegawai Bea Cukai Kudus dan para pensiunan Bea Cukai di aula, bersamaan dengan pelepasan pegawai Bea Cukai Kudus yang memasuki masa purna tugas, yaitu Ibu Sri Pura Darmayanti.