Mengajak Generasi Milenial Mengenal Bea Cukai Lewat Customs Goes to School

688

Kudus (28/9/18)- Customs Goes to School datang lagi! Kali ini Bea Cukai Kudus menyambangi SMA Negeri 1 Jepara pada hari Kamis (27/9). Menempuh perjalanan sejauh 38 km, dalam satu jam tim sampai ke sekolah yang beralamat di Jalan C.S. Tubun 1, Demaan VIII, Jepara. Kamipun disambut dengan antusias, melihat siswa-siswa langsung berbondong-bondong menuju ke aula mendahului tim. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dra. Puji Rahayu, M.Pd selaku Wakahumas SMAN 1 Jepara turut memberikan sambutan dilanjutkan oleh Dwi Prasetyo Rini sebagai Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kudus.

Sebelum mengawali materi, seperti biasa tim memberikan quiz lewat web Kahoot. Para siswa harus menjawab 10 pertanyaan pilihan ganda mengenai Bea Cukai. Tiga orang dengan poin tertinggi berhak mendapat doorprize dari Bea Cukai Kudus. Usai kuis, materi mengenai Kepabeanan dibawakan oleh Dwi Prasetyo Rini. Mengenalkan secara ringkas mengenai tugas Bea Cukai di bidang pabean ditutup dengan pemutaran video mengenai kasus penangkapan kapal penyelundup di tengah laut. Untuk mencairkan suasana, Bea Cukai Kudus menampilkan bakat tarik suara yang dibawakan oleh Zakky dan Priska sebagai vokalis serta Tiberius sebagai keyboardist.

Materi kedua mengenai Cukai dibawakan oleh Didit Ghofar dengan penuh semangat. Menekankan pada kontribusi cukai bagi penerimaan negara, ditampilkan pula video pemusnahan Barang Kena Cukai (BKC) ilegal yang pernah dilakukan Bea Cukai Kudus sebagai komitmen memberantas BKC ilegal. Materi terakhir mengenai Politeknik Keuangan Negara STAN sebagai salah satu jalur penerimaan pegawai Bea Cukai disampaikan oleh Andung Heriawan dari bagian Layanan Informasi. Sesi materi kemudian ditutup dengan tanya jawab dan foto bersama.