Sosialisasikan Aturan Terbaru Vape, Bea Cukai Kudus Datangi Tiga Kabupaten

2453

Sosialisasi pengenaan tarif cukai e-liquid pada vape terus dilakukan Bea Cukai Kudus melalui berbagai cara. Salah satunya, melalui kegiatan Klinik Cukai. Kegiatan ini merupakan program kerja Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait info kepabeanan dan cukai. Rangkaian kegiatan berlangsung selama 2 (dua) hari pada 18-19 September 2018 di 3 (tiga) kabupaten, yaitu Kudus, Pati, dan Rembang. Tim Bea Cukai Kudus yang terdiri dari Seksi PLI bersama dengan Seksi Inteldak melakukan kunjungan ke toko-toko penjual vape ke tiga wilayah tersebut.

Selasa, 18 September 2018 dilakukan sosialisasi ke penjual vape di Kabupaten Kudus. Terdapat 4 toko yang didatangi oleh Tim Bea Cukai Kudus, yaitu Tim Garage Vape Store, Ruso Vapestore, Brewok  Vapestore, dan Cukong Vapestore. Berdasarkan kunjungan yang telah dilakukan, diperoleh fakta bahwa hanya Cukong Vape saja yang memiliki e-liquid berpita cukai dan berjumlah 1 botol. Para penjual menginfokan bahwa mereka sudah mengatahui aturan tersebut dan akan melekati e-liquid dengan pita cukai sesuai aturan. Secara bertahap, para penjual akan mengganti e-liquid yang belum dilekati pita cukai dengan menukarkan e-liquid yang telah berpita cukai kepada brewer/distributor.

Rabu, 19 September 2018, Tim Bea Cukai Kudus dibagi menjadi dua tim. Tim pertama bertugas mensosialisasikan aturan tersebut kepada penjual vape di Pati. Ada 4 (empat) toko vape yang didatangi. Tim kedua, memberikan sosialisasi ke wilayah Kabupaten Rembang. Toko vape yang pertama kali dikunjungi adalah Melek Store. Selain menjual vape, toko ini juga memproduksi e-liquid bermerek DRIP ME. Ditemui di tokonya, pemilik menjelaskan tentang keinginanya untuk mendapatkan NPPBKC untuk e-liquid buatannya. Barang dagangan (e-liquid) yang dijual Melek store hanya beberapa yang telah dilekati pita cukai. Pihaknya berjanji akan mengganti seluruh e-liquid yang belum berpita cukai dengan e-liquid yang telah berpita cukai sebelum 1 Oktober.

Dalam sosialisasi tersebut Tim Bea Cukai Kudus memberikan penjelasan kepada para penjual vape bahwa Pemerintah telah menetapkan aturan pengenaan cukai pada cairan/liquid vape di Indonesia mulai berlaku pada 1 Juli 2018 sesuai dengan PMK 146/PMK.010/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau. Namun, dilakukan relaksasi atau kelonggaran tentang aturan tersebut. Sehingga, pemberlakukan cukai vape akan diterapkan mulai 1 Oktober 2018. Diberitahukan juga, bahwa jika para penjual masih menjual e-liquid tanpa pita cukai stelah 1 Oktober 2018, maka Bea Cukai Kudus berhal menyita barang tersebut.