Bongkar Modus Operandi, Bea Cukai Ringkus Sopir Pengangkut Pita Cukai Palsu

1259

Kudus(19/9/18)-Tiga orang sopir diperiksa Bea Cukai Kudus setelah tertangkap tangan membawa 605.383 keping pita cukai palsu dan 216.000 batang rokok ilegal senilai Rp. 275.516.600, pada hari Senin(17/9). Potensi kerugian negara akibat beredarnya barang illegal ini dapat mencapai lebih dari 4 Miliar rupiah.

Penindakan dilakukan setelah mendapat informasi adanya penjualan pita cukai yang diduga palsu. Pelaku menggunakan dua buah mobil penumpang dan satu mobil pick-up, untuk mengangkut pita cukai yang diduga palsu dan rokok ilegal dari daerah Kudus dan Jepara menuju ke Madura.

Tim sebelumnya melakukan pemantauan dan berhasil mendapati ketiga sarana pengangkut melaju ke arah Jepara melewati Jalan Raya Kudus-Jepara.

“Setelah dilakukan pengejaran, Tim mendapati ketiga sopir sedang memindahkan muatan dari mobil penumpang ke mobil pick-up di desa Brantaksekarjati, Welahan, Jepara.” ujar Iman Prayitno, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus. Dari hasil pemeriksaan ditemukan mobil pick-up mengangkut rokok SKM diduga ilegal, sedangkan mobil penumpang membawa rokok diduga ilegal dan pita cukai yang diduga palsu.
Ketiga sopir kendaraan berinisial AF (32 tahun), BS (44 tahun), dan M (35 tahun) beserta barang bukti diamankan Bea Cukai Kudus untuk penyelidikan lebih lanjut.