Simplifikasi NPPBKC

854

Kudus (30/08/2018) , simplifikasi perijinan dalam berusaha semakin nyata dilakukan oleh pemerintah. Melalui Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, pemerintah mengeluarkan peraturan PMK Nomor 66/PMK.04/2018 tentang Tata Cara Pemberian, Pembekuan, dan Pencabutan NPPBKC yang sebelumnya diatur dalam 3 PMK berbeda.

Guna meningkatkan pemahaman PMK Nomor 66/PMK.04/2018 kepada para pengguna jasa, maka diadakan sosialisasi di Aula Bea Cukai Kudus yang dibawakan oleh Kepala Seksi PKC, Bapak Sutopo.

Dari penjabaran yg disampaikan bahwa PMK ini mengatur adanya perubahan penomoran NPPBKC yakni dengan mencantumkan juga nomor NPWP dan NIB. Hal ini dikarenakan pemerintah menginginkan integrasi antar instansi sehingga tidak muncul lagi tumpang tindih aturan antar instansi. Selain itu melalui peraturan ini, dengan 1 nomor NPPBKC dapat diberikan ijin sebagai pengusaha BKC ataupun sebagai Importir BKC yang sebelumnya diperlulan ijin yang berbeda. Dari segi waktu, pelayanan pemberian NPPBKC menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan PMK ini mengganti PMK sebelumnya yang memerlukan waktu 30 hari menjadi hanya 8 hari kerja saja.

Beliau juga memberikan penjelasan terperinci terkait pelaksanaan PMK Nomor 66/PMK.04/2018. Kegiatan bertambah seru dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan para peserta. Setelah sosialisasi ini, diharapkan dapat mempermudah pengguna jasa dalam mengajukan NPPBKC.