Acara Peringatan Nuzulul Qur’an di Bea Cukai Kudus

729

Dalam rangka memperingati turunnya Al-Qur’an pada Bulan Ramadhan, Bea Cukai Kudus mengadakan Acara Peringatan Nuzulul Qur’an pada hari Senin, 4 Juni 2018 yang diadakan di Musholla Al-Fattah. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Bea Cukai Kudus dalam rangka menghidupkan bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Acara berlangsung dengan penuh rasa kekeluargaan dan khusyuk. Acara Nuzulul Qur’an diawali dengan sholat Ashar berjama’ah, lalu dilanjutkan dengan pembacaan Hadist Riyadus Sholihin, kemudian diadakan games berupa kuis seputar Al-Qur’an. Bagi jamaah yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar diberikan hadiah doorprize yang menarik. Dengan antusias, jamaah berebut untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh MC. Selanjutnya, acara dilanjutkan acara inti, yaitu ceramah dengan judul “Hidayah” yang disampaikan oleh Ustadz Husnul Akib.

Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan bahwa Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk atau huda bagi umat Islam. Ciri kaum yang mendapatkan petunjuk adalah ia yang diberi hidayah oleh Allah SWT. Seperti disampaikan oleh Ustadz Husnul Akib, bahwa hidayah dibagi menjadi 3 (tiga). Yang pertama, Hidayatul Fitrah yang artinya  Allah memberikan manusia berupa hati nurani. Kedua,  Hidayatul Islami yaitu hidayah terlahir menjadi orang Islam. Hidayah ketiga yaitu,  hidayatul ila bil islam yang berarti hidayah untuk bisa melaksanakan syariat Islam dengan sadar.

Peringatan Nuzulul Qur’an ini merupakan acara rutin tahunan yang diadakan Bea Cukai Kudus. Melui acara ini, diharapkan agar para pegawai, khususnya yang beragama Islam dapat mengamalkan ajaran-ajaran Al-Qur’an. Salah satunya dengan menjaga persatuan dan kesatuan dalam hidup bermasyarakat. Acara peringatan Nuzulul Qur’an ditutup dengan pembacaan do’a khotmil Qur’an, buka puasa bersama, shalat maghrib, dan sholat tarawih.