Minimalisir Peredaran Rokok Ilegal, Bea Cukai Kudus Gandeng Ekspedisi

507

Sosialisasi spesial diadakan Bea Cukai Kudus dengan menggandeng para pengusaha ekspedisi dan jasa titipan termasuk otobis. Tema sosialisasi ini dirancang dalam bentuk ramah tamah dan sharing session. Kegiatan ini bertujuan agar para pengusaha ekspedisi berhati-hati dalam menerima pengiriman barang. Seperti peristiwa sebelumnya, banyak pengiriman rokok illegal yang dilakukan melalui ekspedisi. Bahkan, dari beberapa kasus yang telah dilakukan penindakan melibatkan oknum ekspedisi.

Sebagai upaya preventif pemberantasan dalam meminimalisir peredaran rokok illegal, dalam kegiatan ini diberikan pula pemahaman materi tentang barang kena cukai dan materi penindakan cukai. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan , salah satunya pertanyaan mengenai batas minimal jumlah rokok illegal yang ditindak oleh pihak Bea Cukai, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Bapak Iman Prayitno menanggapi pertanyaan tersebut bahwa tidak ada batas minimum jumlah rokok yang dilakukan penindakan, bahkan 1 bungkus rokok jika terbukti illegal, tetap akan dilakukan penindakan.

Ada kesimpulan menarik dalam diskusi ini, Bea Cukai tidak melarang para ekspedisi untuk melakukan pengiriman rokok, yang dilarang hanya rokok illegal. Bea Cukai Kudus juga memberikan ’’tips & trick’’ mengidentifikasi rokok illegal, salah satunya dengan melengkapi dokumen dengan mencatumkan pengirim dan penerima yang jelas serta menunjukkan NPPBKC.