Bea Cukai Kudus Musnahkan 11 Juta Batang Rokok Ilegal

329

Kudus, 3 Mei 2018 – Sebagai tindak lanjut penindakan terhadap rokok ilegal yang telah dilakukan, Bea Cukai Kudus Kamis, 3 Mei 2018 melaksanakan pemusnahan 11 juta batang rokok illegal. Barang yang dimusnahkan merupakan barang bukti hasil penindakan periode  Juli sampai dengan Desember 2017 yang telah  ditetapkan sebagai Barang Milik Negara (BMN) sesuai Keputusan penetapan BMN dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Jenis barang yang dimusnahkan meliputi 30 rol Cygarette Typping Paper (CTP), 37 Kg kertas etiket, 18 Kg filter rokok, 17.763 keping pita cukai yang diduga palsu, 11.278.598 batang Sigaret Kretek Mesin (SKM), dan 8,17 ton tembakau Iris.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Parjiya, Perwakilan dari Kanwil DJKN Jateng dan D.I. Yogyakarta, Perwakilan dari Kejaksanan Negeri Kudus, Perwakilan dari Porles Kudus dan Jepara, Perwakilan dari Denpom Pati, Perwakilan dari Satpol PP Kudus dan Jepara. Dalam sambutannya Parjiya menyatakan bahwa acara pemusnahan ini adalah tindak lanjut dari penindakan rokok ilegal Bea Cukai Kudus. Penindakan rokok ilegal ini berdampak menurunkan peredaran rokok ilegal di pasar bebas yang nantinya diharapkan dapat menaikkan penerimaan negara dari sektor cukai.

Pemusnahan dilakukan secara seremonial dengan membakar BMN barang hasil penindakan di halaman Kantor Bea Cukai Kudus oleh Kakanwil Bea Cukai Jateng dan DIY dan Kepala Kantor Bea Cukai Kudus serta perwakilan dari tamu undangan. Selanjutnya BMN diangkut menuju TPA Tanjungrejo Kudus untuk dimusnahkan dengan cara ditimbun dan dicampur air limbah.

Total BMN yang dimusnahkan sebanyak 24,7 ton dengan perkiraan nilai barang          Rp8.134.093.585,- dan potensi kerugian negara Rp 5.177.832.657,-. Potensi kerugian negara ini dihitung berdasarkan nilai cukai, PPN Hasil tembakau dan Pajak Rokok yang seharusnya dibayar.