LAKUKAN OPERASI GEMPUR, BEA CUKAI KUDUS AMANKAN PICK UP PENGANGKUT ROKOK ILEGAL

489

Mengusung semangat pemberantasan rokok ilegal, Bea Cukai Kudus menggalakkan “Operasi Gempur”. Hasilnya, pada hari Rabu 21 Maret 2018 pukul 22.00. Tim Bea Cukai Kudus melalui Tim Intelijen dan Penindakan melakukan penindakan terhadap sebuah mobil pick up yang diduga mengangkut rokok ilegal berupa rokok dengan pita cukai palsu. Berdasarkan pemeriksaan awal, ditemukan rokok ilegal sebanyak 200.000 batang dengan total nilai barang sejumlah Rp 143.000.000,-

Pada mulanya, Tim mendapat informasi dari masyarakat akan adanya pengiriman rokok ilegal menggunakan sebuah mobil pick up dari wilayah Kabupaten Kudus. Atas informasi tersebut, Tim melakukan pemantauan di Jalan yang menghubungkan Jepara – Kudus, Jepara – Pati, dan Jepara – Demak. Pada pukul 19.30 WIB tim Seksi Intelijen dan Penindakan mendapati sarana pengangkut dengan ciri-ciri sebagaimana informasi tersebut berjalan menuju ke Jl. Lingkar Ngembal Kulon, Ngembal Kulon, Jati, Kabupaten Kudus. Selanjutnya, Tim Intelijen dan Penindakan KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus segera melakukan penghentian terhadap sarana pengangkut tersebut, dan kemudian melakukan pemeriksaan awal. Diketahui, barang tersebut akan dikirim ke semarang melalui perusahaan ekspedisi .

Atas penindakan tersebut, sarana pengangkur serta barang bukti, dan sopir kendaraan berinisial P (30 tahun) diamankan di Kantor Bea Cukai Kudus untuk dimintai keterangan. Total potensi kerugian negara yang dapat diselamatkan dengan adanya penindakan ini sebesar Rp 74.000.000.