DARI MODA TRANSPOTASI BUS, ROKOK TANPA PITA CUKAI DITEGAH BEA CUKAI KUDUS

336

Kudus (16/02/2018) – Menjelang libur panjang pada hari Kamis tanggal 15 Februari 2018, Bea Cukai Kudus berhasil mengamankan rokok illegal yang akan dikirim menggunakan sarana transportasi bus umum. Kali ini barang kena cukai yang diamankan berupa rokok Sigaret Kretek Mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai berjumlah 12 koli.

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus Iman Prayitno menjelaskan, keberhasilan Timnya tidak lepas dari peran masyarakat. Sebelumnya diperoleh informasi dari masyarakat tentang adanya pengiriman rokok illegal dengan menggunakan sarana transportasi bus umum. Memang modus kali ini berbeda dengan modus pengiriman sebelumnya yang berhasil ditegah. Sebelumnya pengiriman menggunakan mobil pribadi, jasa ekspedisi atau sarana pengangkut barang lainnya, tambah Iman..

Berdasarkan informasi yang diperoleh, rokok illegal yang akan dikirim telah dimuat dan bus dari Jepara menuju terminal Jati Kudus. Tim Bea Cukai Kudus segera melakukan pemantauan disekitar Terminal Bus Jati. Bus-bus yang keluar masuk terminal tidak lepas dari pantauan tim. Setelah menunggu beberapa saat, pada pukul 18.15 WIB, terlihat bus yang memiliki ciri-ciri sesuai informasi yang didapat memasuki terminal. Dengan bergegas tim menghentikan dan melakukan pemeriksaan awal terhadap bus tersebut. Dari pemeriksaan berhasil ditemukan 12 koli rokok SKM tanpa pita cukai. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, barang bukti 12 koli berisi 240.000 batang rokok merk SMD putih dan SMD bold diamankan Bea Cukai Kudus.

Dari penindakan tersebut diperkirakan nilai barang yang berhasil ditegah sebesar Rp171.600.000,00 dan potensi kerugian negara berupa cukai yang tidak dibayar sebesar Rp88.800.000,00.

Lebih lanjut Iman menyatakan, Bea Cukai Kudus akan selalu berusaha memerangi peredaran rokok illegal, meskipun dilakukan dengan berbagai macam modus operandi.