Edisi 16-09-2014

174

PEMBERITAHUAN BKC YANG SELESAI DIBUAT

Dalam pasal 16 ayat 3 UU No. 39 Tahun 2007 tentang cukai menyebutkan bahwa “Pengusaha pabrik wajib memberitahukan secara berkala kepada Kepala Kantor tentang barang kena cukai yang selesai dibuat”, dan ayat 6 menyebutkan “Pengusaha pabrik yang tidak memberitahukan barang kena cukai yang selesai dibuat sebagaimana dimaksud pada ayat 3 dikenai sanksi administrasi berupa denda sebesar 2 (dua) kali nilai cukai dari barang kena cukai yang tidak diberitahukan”.

Pemberitahuan BKC yang selesai dibuat, wajib dibuat oleh pengusaha pabrik: etil alcohol, Minuman mengandung etil alcohol, dan hasil tembakau. Pemberitahuan dibuat berdasarkan pembukuan atau pencatatan pengusaha pabrik. Untuk pengusaha pabrik etil alcohol, pemberitahuan dibuat setiap hari dengan menggunakan pemberitahuan BKC yang selesai dibuat berupa Etil Alkohol (CK-4A). Untuk pengusaha pabrik MMEA, pemberitahuan dibuat setiap hari dengan menggunakan pemberitahuan BKC yang selesai dibuat berupa MMEA (CK-4B). Untuk pengusaha pabrik hasil tembakau, pemberitahuan dibuat dengan menggunakan pemberitahuan BKC yang selesai dibuat berupa Hasil Tembakau (CK-4C). Pemberitahuan BKC yang selesai dibuat (CK-4A/CK-4B/CK-4C) dapat disampaikan dalam bentuk data elektronik melalui System Aplikasi Cukai Sentralisasi (SAC-S).

CK-4A/CK-4B wajib diserahkan oleh pengusaha pabrik etil alcohol atau pengusaha pabrik MMEA kepada Kepala Kantor BC yang mengawasi pada hari berikutnya. CK-4C wajib diserahkan pengusaha pabrik hasil tembakau kepada Kepala Kantor BC yang mengawasi paling lambat tanggal 3 untuk periode pembuatan BKC hasil tembakau dari tanggal 15 sampai dengan akhir bulan sebelumnya; dan paling lambat tanggal 17 untuk periode pembuatan BKC hasil tembakau dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 14 pada bulan yang sama. Dalam hal batas tanggal penyerahan merupakan hari libur maka kewajiban penyerahan CK-4A, CK-4B, dan CK-4C dilakukan pada hari kerja berikutnya. Untuk pemberitahuan yang penyerahannya dalam bentuk formulir, diserahkan paling lambat pada pukul 17.00 waktu setempat; sedangkan pemberitahuan dalam bentuk data elektronik melalui SAC-S, diserahkan paling lambat pada pukul 24.00 waktu setempat. Pengusaha pabrik yang tidak melakukan kegiatan produksi, maka Pengusaha pabrik wajib menyerahkan pemberitahuan nihil.

Pengusaha pabrik yang menyerahkan CK-4A/CK-4B/CK-4C sesuai jangka waktu yang ditetapkan mendapat tanda terima (pemberitahuan dalam bentuk formulir), atau respon tanda terima (pemberitahuan dalam bentuk data elektronik melalui SAC-S). Dalam hal pengusaha pabrik menyerahkan CK-4A/CK-4B/CK-4C melewati hari atau tanggal yang ditetapkan dianggap tidak memberitahukan dan dikenai sanksi administrasi berupa denda sebesar 2 (dua) kali nilai cukai dari barang kena cukai yang tidak diberitahukan.

BAGIKAN
Berita sebelumyaLomba 17an 2014
Berita berikutnyaEdisi 02-10-2014