Edisi 01-07-2014

276

PERSONALISASI PITA CUKAI

Pelunasan cukai dengan cara pelekatan pita cukai dilakukan atas barang kena cukai (BKC) berupa hasil tembakau, minuman mengandung etil alcohol (MMEA) Impor, dan MMEA yang dibuat di Indonesia dengan kadar etil alcohol lebih dari 5% (lima persen). Bahwa dalam rangka menunjang efektivitas pengawasan,  pengendalian atas peredaran BKC, serta perlunya standardisasi pencantuman identitas pabrik pada pita cukai dalam upaya pengamanan penerimaan cukai maka perlu adanya pemberian identitas pabrik pada pita cukai (personalisasi pita cukai).

Personalisasi pita cukai adalah cetakan pada setiap keping pita cukai berupa susunan huruf dan/atau angka yang terdiri dari 10 (sepuluh) karakter yang secara umum diambil dari nama pabrik. Dalam hal Kantor telah memiliki Sistem Aplikasi Cukai Sentralisasi (SACS), personalisasi  pita cukai diberikan oleh SACS pada saat Kantor  Bea Cukai menerbitkan NPPBKC untuk pabrik, Dalam hal Kantor tidak memiliki SACS, personalisasi pita cukai diberikan oleh SACS di Kantor Pusat DJBC pada saat pengusaha pertama kali mengajukan P3C.

Personalisasi  pita cukai terdiri dari8 (delapan) karakter huruf dan/atau angka yang menunjukkan identitas nama pabrik; dan 2 (dua) karakter angka, menunjukkan nomor urutan pabrik dengan karakter huruf dan/atau angka yang sama dalam database Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Perekaman nama pabrik pada SACS dilakukan dengan menggunakan huruf capital seluruhnya; nama pabrik ditulis terlebih dahulu sebelum nama bentuk badan usaha; setelah penulisan nama pabrik digunakan tanda baca koma; dan setelah penulisan nama bentuk badan usaha digunakan tanda baca titik.

Penyusunan Personalisasi pita cukai diatur sebagai berikut:

  1. Dalam hal nama pabrik terdiri dari satu kata dengan 8 (delapan) karakter atau lebih, susunan huruf dan/atau angka diambil dari 8 (delapan) karekter pertama; Misalnya : PT. DAUNJATI maka direkam pada SACS DAUNJATI, PT. sehingga Personalisasi pita cukai menjadi DAUNJATI00.
  2. Dalam hal nama pabrik terdiri dari dua kata, susunan huruf  dan/atau angka diambil dari 4 (empat) karakter pertama kata pertama dan 4 (empat) karakter pertama kata kedua; Misalnya : PT. DAUN SEJATI maka direkam pada SACS DAUN SEJATI, PT. sehingga Personalisasi pita cukai menjadi DAUNSEJA00.
  3. Dalam hal nama pabrik terdiri dari tiga kata, susunan huruf dan/atau angka diambil dari 3 (tiga) karakter pertama kata pertama, 3 (tiga) karakter pertama kata kedua, dan  2 (dua) karakter pertama kata ketiga; Misalnya: PT. DAUN HIJAU SEJATI maka direkam pada SACS DAUN HIJAU SEJATI, PT. sehingga Personalisasi pita cukai menjadi DAUHIJSE00
  4. Dalam hal nama pabrik terdiri dari empat kata, susunan huruf dan/atau angka diambil dari 2 (dua) karakter pertama kata pertama, 2 (dua) karakter pertama kata kedua, 2 (dua) karakter pertama kata ketiga, dan 2 (dua) karakter pertama kata keempat; Misalnya: PT. DAUN MULTI HIJAU SEJATI maka direkam pada SACS DAUN MULTI HIJAU SEJATI, PT. sehingga Personalisasi pita cukai menjadi DAMUHISE00.
  5. Dalam hal nama pabrik terdiri dari lima kata atau lebih, susunan huruf dan/atau angka diambil dari 2 (dua)  karakter pertama kata pertama, 2(dua) karakter pertama  kata kedua, 2 (dua) karakter pertama kata ketiga, 1(satu) karakter pertama kata keempat dan 1(satu) karakter pertama kata kelima; Misalnya:

PT. DAUN ANUGERAH MULTI HIJAU SEJATI maka direkam pada SACS DAUN ANUGERAH MULTI HIJAU SEJATI, PT. sehingga Personalisasi pita cukai menjadi DAANMUHS00; PT. DAUN ALAM ANUGERAH MULTI HIJAU SEJATI maka direkam pada SACS DAUN ALAM ANUGERAH MULTI HIJAU SEJATI, PT.  sehingga Personalisasi  pita  cukai menjadi DAALANMH00.

  1. Dalam hal terdapat jumlah karakter dalam salah satu kata kurang dari ketentuan huruf a sampai dengan huruf e di atas, maka atas kekurangannya diisi dengan karakter “>” ;Misalnya: PR. DAUN maka direkam pada SACS DAUN, PR. Sehingga Personalisasi pita cukai menjadi DAUN>>>>00; CV. 123 ALAM makadirekam pada SACS 123 ALAM, CV. Sehingga Personalisasi pita cukai menjadi 123>ALAM00.
  2. Dalam hal terdapat tanda baca atau karakter khusus pada nama pabrik, maka tanda baca atau karakter khusus pada nama pabrik tidak dicantumkan dalam penyusunan Personalisasi; Misalnya: UD. DAUN (ALAM) maka direkam pada SACS DAUN (ALAM), UD. Sehingga Personalisasi pita cukai menjadi DAUNALAM00; UD. W&J ALAM maka direkam pada SACS W&J ALAM, UD. Sehingga Personalisasi pita cukai menjadi WJ>>ALAM00.
  3. Karakter kesembilan dan kesepuluh akan berubah menjadi angka 01 sampai dengan angka 99 secara berurutan dalam hal terdapat karakter huruf dan/atau angka yang sama.Misalnya : Terdapat 2 (dua)  nama pabrik yaitu PT. DAUN HIJAU SEJATI dan UD. DAUR HIJAU SEHATI. PT. DAUN HIJAU SEJATI telah memiliki Personalisasi DAUHIJSE00 maka UD. DAUR HIJAU SEHATI akan diberikan Personalisasi DAUHIJSE01.
BAGIKAN
Berita sebelumyaEdisi 16-06-2014
Berita berikutnyaEdisi 16-07-2014