Edisi 03-03-2014

364

IDENTIFIKASI PITA CUKAI TAHUN 2014

Cukai adalah pungutan Negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang ditetapkan undang-undang. Barang-barang yang telah ditetapkan sebagai Barang Kena Cukai (BKC) adalah Etil Alcohol/Etanol, Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA), dan Hasil Tembakau. Pelunasan cukai terhadap BKC dilaksanakan dengan cara pembayaran, pelekatan pita cukai atau pembubuhan tanda pelusasan cukai lainnya. Dalam rangka mempermudah pengawasan, dibuat desain yang berbeda untuk pita cukai yang dilekatkan pada Tembakau Iris (TIS), Rokok Daun atau Klobot (KLB) dan Sigaret Kelembak Kemenyan (KLM).

Pita cukai merupakan dokumen sekuriti Negara. Selain sebagai bukti pelunasan pita cukai juga berfungsi sebagai alat pengawasan. Pelunasan cukai dimaksud dilakukan dengan cara melekatkan pita cukai yang seharusnya dan sesuai dengan ketetentuan yang berlaku. Fitur-fitur pengaman Pita cukai 2014 terdiri dari kertas sekuriti, hologram sekuriti, dan cetakan sekuriti. Kertas sekuriti yaitu kertas yang memiliki fitur-fitur pengaman yang tidak terdapat pada kertas di pasaran bebas dan hanya dibuat oleh produsen kertas sekuriti. Hologram sekuriti yaitu suatu hologram yang dibuat dengan teknologi tinggi dengan system pengaman overt dan covert dengan level multi sekuriti features sehingga sulit untuk dipalsukan. Cetakan sekuriti yaitu cetakan yang memiliki desain sekuriti, yang dibuat menggunakan high security design software dan mempunyai tinta sekuriti yang tidak dapat diperoleh di pasaran bebas.

Identifikasi

Dilihat secara kasat mata (tanpa alat bantu) warna dasar kertas pita cukai adalah kemerahan (redish). Terdapat serat kasat mata berwarna merah yang tersebar di permukaan kertas pita cukai. Kertas pita cukai diterwang ke arah datangnya cahaya terlihat tekstur terang dan gelap dengan teks “bcRI”. Sifat kertas pita cukai yang tidak memendar bisa terlihat dengan meletakkan kertas pita cukai di bawah sinar lampu UV (UV Dull). Serat-serat memendar tersebar di permukaan kertas pita cukai, berwarna biru muda-emas-jingga dalam satu serat dapat terlihat dengan menggunakan lampu UV. Secara kasat mata warna dasar hologram adalah warna emas (GOLD). Terdapat transparant demetalizing berupa pola garis bergelombang. Terdapat akromagram (hologram putih) berbentuk ornament outline lambing Bea Cukai. Terdapat efek chanelling perubahan teks “BCRI” menjadi “2014”. Terdapat efek kinetic (perbahan bentuk) kerangka balok. Hologram dibawah sinar lampu UV akan tampak warna memendar pada ornament demetalizing (biru), teks “RI” ( merah), dan teks “BC” (kuning) dalam desain berkesinambungan yang terpotong tepat di tepi bidang hologram. Apabila disinari denagn lampu UV cetakan teks hitam pada pita cukai akan memendar hijau.

Pita cukai hasil tembakau disediakan dalam bentuk lembaran Seri I (120 keping per lembar), Seri II (56 keping per lembar), dan Seri III (150 keping pe lembar). Pita cukai MMEA disediakan dalam bentuk lembaran sebanyak 60 keping per lembar. Desain pita cukai diperbarui sesuai kebutuhan antara lain warna, tahun anggaran atupun besaran tariff pengenaan cukai sesuai kebijakan pemerintah, serta peningkatan fitur pengaman yang dikhususkan untuk menangkal pemalsuan dan penyalahgunaan pita cukai.

BAGIKAN
Berita sebelumyaEdisi 17-02-2014
Berita berikutnyaEdisi 17-03-2014