Edisi 15-07-2013

292

Pertanyaan :

Saya mau mendirikan home  industry rokok kretek, cara mendapatkan pita cukai bagaimana pak? (nur – ponorogo)

Jawab :

Pita cukai adalah suatu alat yang digunakan untuk pelunasan cukai yang terutang atas barang kena cukai. Pita Cukai juga berfungsi sebagai alat pengawasan. Untuk mendapatkan pita cukai ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

Pertama pengusaha harus mendapatkan ijin untuk menjalankan kegiatan sebagai pengusaha pabrik hasil tembakau berupa Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC) dengan cara mengajukan permohonan secara tertulis kepada kepala  kantor Bea dan  Cukai yang mengawasi untuk dilakukan pemeriksaan lokasi, bangunan, atau tempat usaha. Permohonan tersebut disertai dengan fotokopi Ijin Usaha Industri (IUI)/Tanda Daftar Industri (TDI); gambar denah lokasi, bangunan, atau tempat usaha; fotokopi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB); dan fotokopi ijin gangguan (HO). Untuk selanjutnya akan dilakukan wawancara kepada yang bersangkutan dan pemeriksaan lokasi, bangunan, atau tempat usaha untuk dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang merupakan salah satu syarat kelengkapan permohonan NPPBKC.

Setelah mendapatkan NPPBKC, pengusaha mengajukan permohonan penetapan tarif cukai hasil tembakau  untuk Merek baru kepada kepala Kantor Bea dan Cukai setempat. Permohonan tersebut dibuat rangkap 3 (tiga), masing-masing  dilampiri dengan contoh etiket atau kemasan penjualan eceran hasil tembakau; daftar Merek yang dimiliki dan masih berlaku sesuai dengan ; dan surat pernyataan di atas meterai yang cukup bahwa Desain Kemasan yang dimohon penetapan tarif cukainya tidak menyerupai Desain Kemasan yang telah dimiliki atau dipergunakan oleh Pengusaha Pabrik hasil tembakau atau Importir lainnya.

Dengan telah dimilikinya NPPBKC dan penetapan tarif cukai hasil tembakau untuk Merek baru, pengusaha dapat mengajukan permohonan Penyediaan dan Pemesanan Pita Cukai (P3C) yang dimaksudkan untuk menyediakan pita cukai yang akan dibeli oleh pengusaha.

Setelah Pita Cukai tersedia pengusaha dapat menebus/membeli pita cukai miliknya dengan mengajukan permohonan pemesanan pita cukai (CK-1) untuk kemudian dilakukan pembayaran cukai ke bank persepsi/pos persepsi  dengan bukti bayar berupa lembar SSPCP (Surat Setor Pabean Cukai dan Pajak).

Dengan membawa bukti bayar SSPCP ke kantor Bea dan Cukai pengusaha dapat menukarkan dengan lembar pita cukai yang dia pesan.

Untuk diketahui bahwa KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus tidak memungut biaya dalam proses pengurusan ijin dan permohonan diatas. Terima Kasih.