Edisi 01-10-2010

325

Pertanyaan :

Bapak/ibu yang kami hormati. Kami mohon penjelasannya apabila luas bangunan pabrik kurang dari 200 meter persegi yang didirikan di atas tanah seluas 200 meter persegi yang dipagar betis, kalau yang dimintakan izin termasuk luas tanah 200 meter persegi tersebut apa sudah memenuhi syarat bangunan? saya tunggu kabarnya. Terima kasih ( 0811265xxx )


 

Jawaban :

Berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-200/PMK.04/2008 disebutkan bahwa setiap orang yang akan mengajukan permohonan untuk mendapatkan NPPBKC (Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai) wajib memenuhi persyaratan fisik (meliputi luas dan lokasi bangunan/tempat usaha) maupun persyaratan administrasi. Untuk persyaratan fisik, hal yang harus dipenuhi adalah :

  1. Bangunan pabrik tidak berhubungan langsung dengan bangunan, halaman atau tempat-tempat lain yang bukan bagian pabrik yang dimintakan izin.
  2. Tidak berhubungan langsung dengan rumah tinggal.
  3. Berbatasan langsung dan dapat dimasuki dari jalan umum
  4. Luas bangunan minimal 200 (dua ratus) meter persegi.

Adapun persyaratan luas bangunan yang kami jadikan acuan adalah luas bangunan sebagaimana tercantum dalam IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) yang diajukan untuk memenuhi salah satu persyaratan administrasi.

Perlu juga kami sampaikan dalam kolom ini bahwa proses penyesuaian/pembaharuan NPPBKC sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2008 yang wajib dilakukan oleh pengusaha pabrik hasil tembakau diajukan selambat-lambatnya tanggal 10 Desember 2010.

Demikian penjelasan dari kami apabila bapak menginginkan penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini, Bapak/Ibu bisa datang langsung ke KPPBC Madya Cukai Kudus.

Sekian dan terima kasih

BAGIKAN
Berita sebelumyaEdisi 16-08-2010
Berita berikutnyaEdisi 03-01-2011